Pemasaran

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan kelompok lain” (Kotler, 2005:6). Menurut Catur Rismiati, E dan Bondan Suratno (2003:3) Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dengan mana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk serta nilai dengan seseorang atau kelompok lain.

Pemasaran adalah suatu keseluruhan sistem dari kegiatan-kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. (Swasta dan Handoko, 2003:5)

Dari pengertian pemasaran tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa pada intinya pemasaran mencakup usaha perusahaan yang dimulai dengan mengidentifikasikan keinginan dan kebutuhan konsumen yang perlu dipuaskan, menentukan cara promosi, menentukan harga yang sesuai dan melakukan penjualan.

Kotler dan Amstrong (2003:6) menyatakan konsep pemasaran sendiri terdiri dari berbagai aktivitas inti, yaitu aktivitas pengembangan produk, distribusi, penetapan harga, dan pelayanan. Terdapat lima konsep alternative yang melandasi aktivitas pemasaran organisasi, yaitu:
1. Konsep Produksi
Konsep produksi menyatakan bahwa pelanggan akan menyukai produk yang tersedia dan harganya terjangkau.
2. Konsep Produk
Konsep produk menyatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang mempunyai mutu terbaik, kinerja terbaik, dan sifat paling inovatif.
3. Konsep Penjualan
Konsep penjualan menyatakan bahwa konsumen tidak akan membeli produk dalam jumlah cukup kecuali jika diadakan usaha penjualan dan promosi yang berskala besar.
4. Konsep pemasaran berwawasan sosial
Konsep pemasaran yang berwawasan sosial menyatakan bahwa organisasi harus menentukan kebutuhan, keinginan, dan minat pasar sasaran serta menyesuaikan kepuasan yang didambakan itu secara lebih efektif dan efisien dibanding para pesaing dengan cara yang bersifat memelihara atau
memperbaiki kesejahteraan konsumen dan masyarakat.